Jalan Gang Pasar Muara Maras Butuh Dihotmik

Jalan Gang Pasar Muara Maras Butuh Dihotmik

RASELNEWS.COM, SELUMA – Kondisi jalan gang pasar Desa Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma memprihatinkan. Ruas jalan sepanjang dua kilometer dan menjadi akses alternatif warga setempat untuk menjangkau kawasan Desa Serian Bandung rusak parah. Badan jalan banyak berlubang dan digenangi air lantaran lama tidak direhab.

“jalan gang pasar Desa Muara Maras Semakin parah kondisinya, kami berharap jalan ini diperbai pemerintah. Sebab, jalan ini menjadi akses setiap hari kami untuk menjangkau wilayah luar,” ujar Marsiska (35) warga setempat.

Dikatakan Marsiska, sejak dibangun tahun 2008. Badan jalan di wilayah tersebut memang belum diaspal lapen. Permukaan jalan hanya ditebar kerikil pecah dan ditambah pasir. Namun, karena letaknya dipinggir anak Sungai Maras dan sungai tersebut sering meluap. Badan jalan terkikis oleh air.

“Kalau kini kondisinya bertambah parah, genangan air malah semakin besar. Alhasil kendaraan susah lewat dan rawan terjadi kecelakaan,” sambungnya.

Senada dikatakan Linudin (54) warga lainnya, dengan rusaknya jalan tersebut membuat kelancaran aktivtas warga untuk menjangkau wilayah perkebunan dan lahan sawah menjadi terhambat. Dampaknya, hasil panen sulit dikeluarkan dan kalaupun mau dipaksakan akan menambah ongkos yang lebih besar. “Di ujung jalan ini ada ataran sawah dan kebun sawit. Sejak jalan ini rusak parah, warga semakin sulit menjangkau area tersebut. Untuk itu, kami minta kepedulian pemerintah daerah seluma,” katanya.

Terpisah Sekdes Muara Maras, Ramlan (30) membenarkan kondisi rusaknya jalan tersebut. Menurutnya, kerusakan jalan itu sebelumnya pernah diusulkan ke Pemkab Seluma, namun belum ada realisasi.

“Jalan ini setatusnya milik Kabupaten Seluma. Kamipun telah mengusulkan perbaikan jalan ini. Harapan kami, keluhan warga kami terkait rusaknya jalan ini segera ditanggapi. Karena banyak sekali dampaknya bagi warga, terutama yang sering melewati jalan tersebut,” pungkas Ramlan. (rzn)

Sumber: