Dinas Pertanian Seluma Rugi Rp 2 Miliar Lebih

Dinas Pertanian Seluma Rugi Rp 2 Miliar Lebih

RASELNEWS.COM, SELUMA - Kantor Dinas Pertanian Seluma ludes terbakar sekitar pukul 10.05 WIB, Sabtu (19/3). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Apalagi memang sedang tidak ada aktivitas di perkantoran karena libur akhir pekan.

Namun gedung yang dibangun sejak awal mula Seluma berdiri tersebut, ludes terbakar. Semua ruangan hangus akibat dilalap api. Tidak ada satu pun aset yang bisa diselamatkan.

Kepala Dinas Pertanian Seluma Arian Sosial, SP, M.Si mengatakan kebakaran diduga karena arus pendek atau korsleting listrik di salah satu ruangan. Karena kantor masih menggunakan plafon dari triplek, api dengan cepat menyebar ke seluruh ruangan.

“Saat kejadian, kantor sedang kosong karena memang sedang libur. Tidak ada orang di dalamnya. Dugaan sementara karena arus pendek yang terjadi di salah satu ruangan,” ungkap Arian.

Kebakaran tersebut membuat Dinas Pertanian Seluma mengalami kerugian hingga Rp 2 miliar. Pasalnya tidak ada barang dan aset yang berhasil diselamatkan dari peristiwa yang terjadi.

“Saat ini kami sedang mendata seluruh aset dan inventaris kantor yang ikut terbakar dari peristiwa tersebut. Kemudian akan kami sampaikan kepada bupati sebagai laporan,” ujar Arian.

Untuk sementara, Arian mengaku masih menunggu instruksi Bupati untuk menempati kantor yang bisa dimanfaatkan sementara waktu. Karena aktivitas kantor tetap harus berjalan meskipun kantor sudah terbakar.

Selidiki

Sementara itu, Kapolres Seluma AKBP Darmawan Dwiharyanto, SIK mengaku penyebab pasti kebakaran kantor Dinas Pertanian Seluma masih dalam penyelidikan. Penyidik masih mendalami peristiwa kebakaran yang menghanguskan gedung Dinas Pertanian tersebut.

"Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut penyebab pasti kebakaran," tegas Kapolres.

Hasil koordinasi dengan jajaran Polda Bengkulu, sambung Kapolres, hari ini (22/3/2022) tim Laboratorium Forensik (Labfor) Palembang akan turun ke Seluma guna melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel sisa kebakaran untuk diteliti.

"Nantinya Labfor yang akan memastikan penyebab kebakaran. Jadi masih harus menunggu hasilnya keluar,” pungkas Kapolres. (rwf)

Sumber: