Perbaiki Ekosistem Pantai DLHK Hijaukan Pantai

Perbaiki Ekosistem Pantai DLHK Hijaukan Pantai

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk memperbaiki ekosistem pantai, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan akan menata dan menanam kembali pohon pengijauan sepanjang pantai. Kegiatan akan dimulai dengan penamaan pohon cemara di sepanjang Pantai Muara Bengkenang hingga Pantai Muara Kedurang. Lokasi itu akan dijadikan kawasan hutan dan menuju kawasan wisata pantai terpadu.

“Sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini beberapa desa di Kecamatan Bunga Mas sudah dibantu bibit kayu untuk penghijauan pantai. Saat ini telah memperlihatkan hasilnya, di antaranya Desa Tumbuk Tebing telah berhasil mengikuti lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi," kata Kepala DLHK BS, Ir Jonior Hafis, MP.

Dikatakan Jonior, keberhasilan awal penanaman cemara yang difasilitasi oleh DLHK Bengkulu Selatan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Tetapi hal itu belumlah banyak pengaruhnya terhadap perbaikan ekosistem pantai, sehingga perlu rencana yang jelas dan terukur.

Untuk itu, dalam membangun apapun bentuknya haruslah dalam komponen besar yaitu kawasan, sehingga beberapa lokasi desa dalam satu kecamatan akan dibangun secara terpadu bahkan terintegrasi antar sektor. Konsep ini akan menjadikan peta jalan pembangunan kawasan terpadu hutan pantai di Kecamatan Bunga Mas.

"Dalam waktu dekat DLHK Bengkulu Selatan akan bekerja sama dengan desa-desa yang memiliki pesisir pantai, untuk kemudian secara bersama-sama membangun hutan pantai. Nantinya hutan tersebut akan ditanami tanaman endemik diantaranya Cemara Laut, Melinjo, Ketapang, Pandan Laut, Mangga Laut dan lain-lain," terang Jonior.

Ditambahkan Jonior, sehingga nantinya ekosistem pantai dapat terwujud. Dengan ekosistem pantai berhasil diperbaiki, maka kawasan tersebut juga akan menjadi lokasi kawasan terpadu wisata pantai. (one)

Sumber: