Distan Perbaiki JSP Puding

Distan Perbaiki JSP Puding

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Selatan akan meningkatkan pembangunan jalan sentral produksi (JSP) di wilayah Desa Puding Kecamatan Pino, tahun ini. Sebelumnya, jalan tersebut terbengkalai sudah cukup.

Peningkatan pembangunan JSP tersebut sangat dinanti masyarakat karena menjadi akses untuk menuju usaha pertanian. Peningkatan JSP oleh Distan BS ini menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 125 juta. Pembangunan ini tidak lain untuk menunjang akses jalan produksi yang dibutuhkan masyarakat sekitar Desa Puding.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi mengaku Pemkab BS tahun ini tetap memprioritaskan anggaran untuk infrastruktur pembangunan fisik meskipun alokasinya tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam recofusing anggaran dimasa pendemi Covid-1. Baik itu untuk pembangunan jalan, jembatan dan gedung. Pembangunan melalui OPD teknis Dinas PUPR, Disperkirm maupun Distan BS.

“Selain fokus pendanaan pandemi Covid-19, Pemkab Bengkulu Selatan tetap mengaloksikan anggaran untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat meskipun alokasinya terbatas, seperti pembuatan jalan, perbaikan jembatan di wilayah desa guna mendukung sektor pertanian,” kata Bupati Gusnan Mulyadi.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Distan BS, Edi Siswanto, S.PT menuturkan tahun ini pihaknya akan melakukan peningkatan pembangunan jalan sentra produksi di wilayah Desa Puding. Hanya saja, titik lokasi jalan yang akan dibangun belum ditentukan. Sebab, pihaknya saat ini masih melakukan proses peninjauan lokasi. Kemudian, volume jalan yang akan dibangun juga belum ditentukan. Karena, timnya masih perlu melakukan pengecekan ulang ke lokasi.

"Pengecekan ini untuk memastikan kondisi medan lokasi yang akan diperbaiki. Dengan anggaran sebesar Rp 125 juta nantinya minimal jalan yang dibangun bisa dilintasi kendaraan roda empat," terang Edi Siswanto. (one)

Sumber: