Ini Syarat Daftar Seleksi CGP

Ini Syarat Daftar Seleksi CGP

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  – Ini syarat daftar seleksi Pendaftaran seleksi calon guru penggerak (CGP). Terdaftar di Dapodik, memiliki NUPTK, memiliki akun SIMPKB dan telah mengabdi minimal lima tahun.

Pendaftaran gelombang ke-6 dan ke-7 jenjang guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Bengkulu Selatan masih dibuka. Secara full online atau tanpa pemberkasan fisik. Untuk mengikuti CGP, guru harus memenuhi syarat dan kriteria sesuai ketentuan Kemendikbudristek-RI.

“Syarat ini harus dipenuhi guru untuk ikut kegiatan ini ,” kata Kabid PTK Dinas Dikbud BS, Amir Syopian, M.Pd. Program tidak membatasi kriteria umur guru yang mendaftar program tersebut. Guru PNS ataupun honorer semuanya diperbolehkan untuk bergabung. Bahkan, tidak ada pembatasan kuota bagi pelamar program CGP ini. “Tak ada batasan kuota, sepanjang memenuhi syarat. Guru dipersilahkan untuk daftar. Kalau bisa, daftarnya harus lebih awal supaya cepat diverifikasi pusat,” terang Amir.

Adapun manfaat program CGP bagi pendidikan yakni akan mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. “Selain itu, adanya CGP ini juga untuk membangun kapasitas diri setiap guru, untuk dijadikan calon kepala sekolah nantinya. Sebab, CGP ini sudah menjadi syarat khusus ketika guru ingin memimpin sekolah,” jelas Amir.

Senada dikatakan Kasi Pembinaan SMA Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Mansurman, S.Pd, bahwa kegiatan seleksi CGP jenjang SMA juga tengah berlangsung. Untuk itu, setiap guru SMA diminta agar ikut program ini melalui laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

“Kami akan terus monitor guru yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jangan sampai, kesempatan baik ini malah diabaikan. Karena, belum tentu di tahun depan kegiatan ini akan berlangsung kembali,” demikian Amir. (rzn)

Sumber: