Program Kios Sekundang Terbaik Ketiga

Program Kios Sekundang Terbaik Ketiga

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Program Kios Sekundang yang digagas Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi menjadi program terbaik ketiga dan meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 dari Pemprov Bengkulu.

BS menjadi kabupaten terbaik ketiga kategori perencanaan dan capaian pembangunan, yang juga diberikan kepada Bengkulu Utara sebagai terbaik pertama dan Rejang Lebong sebagai terbaik kedua.

Penghargaan diberikan Gubernur Rohidin Mersyah dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di salah satu hotel di Kota Bengkulu, Rabu (30/3).

Bupati Gusnan Mulyadi mengatakan program kios sekundang menjadi unggulan dan prioritas kedepannya. Pengembangan Kios Sekundang yang diresmikan pada 12 Januari 2022 lalu menjadi salah satu upaya modernisasi pengelolaan dan manajemen warung tradisional milik masyarakat dengan konsep digitalisasi.

"Warung-warung ini diharapkan bisa bersaing dengan gerai-gerai modern yang saat ini bermunculan dengan mengedepankan konsep digitalisasi," tegas Gusnan.

BS menjadi daerah yang rutin meraih PPD di Provinsi Bengkulu. Tahun lalu, inovasi Kampung Ternak Intensif Terpadu (Paten Terpadu) juga meraih penghargaan.

Gusnan berharap program yang dikembangkan BS dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pemerintah, sambung Bupati, tengah melakukan penataan jalur distribusi, sekaligus membuka peluang pengembangan pasar dari sisi digitalisasi atau e-commerce.

"Program ini juga untuk menjaga ekonomi kerakyatan agar tetap stabil. Terkhusus di bidang pedagang pengecer,” sambungnya.

Dalam PPD 2022, Gusnan memaparkan sejumlah program lainnya seperti pengembangan komoditas pertanian dan infrastruktur. Bupati meminta dukungan Pemprov Bengkulu dan Kementerian Bappenas untuk membantu pengembangan program yang digagas Pemkab BS, Khususnya dukungan untuk perbaikan infrastruktur.

"Program yang digagas tentunya membutuhkan dukungan infrastruktur yang memadai," ujarnya.

Sementara itu, Gubenur Rohidin Mersyah mengatakan dalam RPKD 2023, ada sejumlah program prioritas seperti konektivitas Bengkulu dengan 4 provinsi tetangga dan jalan tol agar tetap berlanjut.

“Dari sejumlah program yang disampaikan, ada 15 yang sudah disetujui dan 5 usulan sedang dibahas tindak lanjutnya,” ujar Gubernur. (cia)

Sumber: