Penanganan Kemiskinan, Fokus Infrastruktur

Penanganan Kemiskinan, Fokus Infrastruktur

RASELNEWS.COM, SELUMA - Pemkab Seluma terus berjuang melakukan penanggulangan dan pengentasan kemiskinan masyarakat. Langkah ini dilakukan lantaran Seluma merupakan daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Bengkulu.

Wabup Seluma Gustianto bahkan melakukan kunjungan kerja ke Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumsel untuk membahas masalah kemiskinan ini. Wabup disambut Walikota Lubuk Linggau, H. SN. Prana Putra Sohe untuk membahas masalah kemiskinan di Seluma.

Wabup mengaku Pemkab Seluma sedang melakukan berbagai upaya menurunkan angka kemiskinan. Salah satunya dengan melakukan verifikasi dan pendataan kondisi masyarakat. Kemudian secara berkala melaporkan ke Pemprov Bengkulu dan pemerintah pusat melalui kementerian untuk mendapatkan bantuan anggaran serta program penanganan.

“Ada beberapa indikator yang memengaruhi sehingga Seluma masuk daerah termiskin. Antraanya sarana infrastruktur, RTLH, tingginya angka stunting dan tingkat pendapatan masyarakat yang rendah,” ungkap Wabup.

Wabup mengatakan Pemkab Seluma sedang menyelesaikan visi dan misi Seribu Jalan Mulus untuk meningkatkan infrastruktur transportasi. Jika akses jalan lancer, dipastikan pendapatan masyarakat akan meningkat. Karena mereka dengan mudah bisa mengeluarkan hasil bumi atau pertanian.

Selain itu melalui OPD terkait usulan pengentasan RTLH, terus dilakukan. “Pemkab Seluma juga gencar melobi anggaran ke pusat, tidak hanya terpaku anggaran DAK serta DAU yang sudah diplot. Diharapkan ada anggaran lain yang siap digunakan untuk kepentingan pembangunan Seluma," pungkas Wabup. (rwf)

Sumber: