Lima Kecamatan Miskin Ekstrem

Lima Kecamatan Miskin Ekstrem

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Lima kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dinyatakan miskin ekstrem. Yakni Kedurang Ilir, Kedurang, Pino Raya, Air Nipis, dan Kecamatan Seginim.

Kelimanya berstatus miskin ekstrem dengan indikator rumah yang masih belum layak huni. Lima kecamatan yang masuk kategori miskin ini tentunya menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat hingga Kabupaten BS.

Sebab ditengah era modernisasi ini seharusnya Kabupaten BS bisa terbebas dari status miskin. Terlebih, pada indeks pertumbuhan ekonomi dan manusia, Kabupaten BS mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Untuk melakukan pengentasan kemiskinan tersebut, pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi dan daerah akan memfokuskan pembangunan sarana di lima kecamatan tersebut.

Kepala Bapedda-Litbang Kabupaten BS Drs.Yulian Fauzi MAP mengatakan, saat ini tim survei sudah melakukan pendataan ulang terkait persoalan tersebut. Sehingga, ditargetkan pada pertengahan tahun ini, beberapa program pengentasan kemiskinan sudah bisa dituntaskan.

"Mewujudkan desa bebas buang air besar sembarangan, wujudkan rumah layak huni serta prasarana lainnya itu yang akan kita entaskan bersama," kata Yulian. Dikatakan Yulian, salah satunya pembangunan rumah layak huni, MCK setiap rumah dan beberapa fasilitas penunjang lainnya akan difokuskan di lima kecamatan tersebut.

Adapun indikator kerja Pemkab BS sejak tahun 2017 diangka 21,06 persen, 2018 diangka 18,65 persen, 2019 diangka 18,54 persen, 2020 diangka 17,82 persen dan 2021 diangka 18,16 persen. “Melalui program pemerintah pusat maupun daerah, rencana kedepan akan fokus di lima kecamatan tersebut untuk mewujudkan pengentasan kemiskinan,” pungkasnya. (one)

Sumber: