Polres BS Sudah Salurkan Rp 1,7 Miliar

Polres BS Sudah Salurkan Rp 1,7 Miliar

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) oleh Polres Bengkulu Selatan (BS) berjalan cepat. Hingga Rabu (6/4/2022) bantuan sudah tersalur kepada 2.935 warga BS yang berprofesi sebagai PKL/Warung atau nelayan dengan total uang yang disalurkan sebesar Rp 1,761 miliar.

“Sampai hari ini (kemarin) yang sudah tersalurkan itu sebanyak 2.935. Rinciannya 2.576 untuk warga yang berprofesi sebagai PKL/Warung, 359 untuk warga yang berprofesi sebagai nelayan. Masing penerima mendapat bantuan tunai sebesar Rp600 ribu,” kata Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas, AKP Sarmadi.

Polres BS mendapat kuota penyaluran BTPKLWN sebanyak 19.500 orang. Enam ribu untuk PKL/Warung, dan 13.500 untuk nelayan. Hingga kemarin kuota nelayan masih minim. Baru 1.393 orang yang terverifikasi, artinya masih tersisa kuota 12.107 penerima lagi.

“Bhabinkamtibmas masih melakukan pendataan. Bagi warga yang berprofesi sebagai nelayan atau tinggal di pesisir, bisa menyampaikan usulan ke Ketua RT atau kades setempat. Nanti Ketua RT atau Kades yang akan menyampaikan usulan ke Bhabinkamtibmas,” ujar Sarmadi.

Berbeda dengan kuota nelayan yang masih minim, kuota untuk PKL/Warung justru sudah over target. Dari kuota sebanyak 6 ribu, hingga kemarin sudah terverifikasi 6.027 calon penerima. Operator Polres BS akan kembali melakukan verifikasi untuk memastikan calon penerima. Sebab jumlahnya sudah melebihi kuota.

Selanjutnya Polres BS terus menyalurkan uang BTPKLWN kepada penerima yang sudah terverifikasi. Untuk kuota yang belum terpenuhi, akan dilakukan penghimpunan calon penerima agar bisa disalurkan.

Total anggaran tersebut sebesar Rp 11,7 miliar. Tujuan dialokasikan anggaran bantuan itu adalah untuk membantu meringankan masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai PKL/Warung dan nelayan di masa pandemi Covid-19. (yoh)

Sumber: