11 Desa Belum Salurkan BLT-DD

11 Desa Belum Salurkan BLT-DD

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Penantian masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di 11 desa tampaknya belum ada kepastian. Sebab memasuki pertengahan April 2022, data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) BS menemukan masih ada desa yang belum menyalurkan BLT-DD untuk warganya.

Dari 142 desa yang ada di BS, setidaknya ada 11 desa yang belum mengajukan persyaratan pencarian Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I. Dengan begitu, 11 desa tersebut dipastikan belum mencairkan BLT-DD tahap satu untuk warganya.

Kepala DPMD BS Herman Sunarya, MH mengatakan 131 desa sudah mengajukan untuk pencarian. Bahkan sebagian desa juga sudah melakukan pembagian BLT DD untuk periode Januari-Maret 2022.

Namun sangat disayangkan, memasuki awal April yang juga sudah bulan Ramadan, masih ada desa yang belum mengajukan pencarian. “Ada sekitar 11 desa lagi yang belum ajukan pencarian. Kami sudah mengimbau untuk segera disalurkan. Sebab masyarakat yang menerima bantuan BLT DD tersebut sudah lama menanti untuk pencarian tahap pertama,” ujar Herman.

Desa-desa yang belum menyalurkan BLT DD di antaranya Desa Air Umban, Desa Banding Agung, Bumi Agung, Darat Sawah, Durian Seginim, Muara Danau, Nanjungan, Padang Lebar, Pajar Bulan, Tanjung Agung dan Desa Telaga Dalam. Pemerintah Desa yang belum menyalurkan BLT DD lantaran belum mengajukan pencairan ADD maupun DD tahap I. Ini juga dikarenakan dokumen Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBDes) belum tuntas.

Pasalnya syarat pengajuan pencairan dana desa maupun alokasi dana desa tahap I adalah dokumen APBDes. Jika APBDes tidak kunjung selesai sampai pertengahan Mei 2022, maka DD terancam tidak bisa dicairkan.

"Kami sudah mengingatkan Pemdes, jangan sampai hal ini terjadi. Bahkan kami juga sudah instruksikan camat agar membantu menyelesaikan APBDes sehingga dana cepat cair dan BLT DD segera disalurkan,” demikian Herman. (one)

Sumber: