Sudah 3.430 Pedagang dan Nelayan Terima Bantuan

Sudah 3.430 Pedagang dan Nelayan Terima Bantuan

RASELNEWS.COM, SELUMA - Sejak disalurkan oleh pemerintah melalui jajaran kepolisian, di Seluma setidaknya 3.430 pedagang dan nelayan sudah menerima bantuan tunai. Bantuan tunai khusus pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN) ini Rp 600 ribu kepada setiap penerima.

Kapolres Seluma AKBP Darmawan Dwiharyanto, SIK mengatakan bantuan bagi pedagang dan nelayan ini diharapkan bisa membantu mereka yang kesulitan mendapatkan modal usaha. Terutama karena dampak covid-19.

“Bantuan ini disalurkan pemerintah pusat melalui TNI dan Polri. Untuk Seluma melalui Polri. Di Seluma total sudah 3.430 pedagang dan nelayan yang menerima bantuan,” tegas Kapolres kepada Rasel, kemarin.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan penyaluran bantuan tunai ini masih berlangsung sampai akhir April 2022. Apalagi di Seluma ditargetkan ada 19,5 ribu penerima. Sedangkan hasil verifiksi yang dilakukan, sudah 18 ribu penerima.

"Dari 18 ribu penerima yang diveirifkasi, bantuan sudah disalurkan kepada 3.430 penerima dengan total anggaran Rp 2.058 miliar," ungkap Kapolres. Pendataan dan verifikasi dilakukan oleh Polsek jajaran serta Bhabinkamtibmas yang ada di setiap desa, melibatkan kades dan perangkat desa.

Pendataan dan verifikasi data penerima ini sengaja melibatkan aparat tingkat desa. tujuannya agar bantuan yang disalurkan benar benar tepat sasaran. Petugas di desa bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga mereka mengetahui secara persis kondisinya. Tidak mungkin yang bukan nelayan atau pedagang dapat bantuan ini. (rwf)

Sumber: