Masih Ada Warga BAB Sembarangan

Masih Ada Warga BAB Sembarangan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Di zaman sekarang ini ternyata masih saja ada warga yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Hal ini, masih terjadi pada warga di beberapa desa di wilayah Kecamatan Air Nipis dan beberapa wilayah Kecamatan lainnya.

Padahal, pemerintah telah memprogramkan tidak ada lagi rumah yang tidak memiliki fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK), untuk mewujudkan desa bebas BABS. Upaya untuk melengkapi fasilitas MCK bisa diwujudkan melalui anggaran APBD, APBN maupun dana desa (DD).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan (BS), Didi Ruslan S.KM, M.Si melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Ns.Elfa Sari S.KM, M.Kes menuturkan, saat ini sudah tidak zamannya lagi BAB sembarangan. Sebab, ditengah kemajuan daerah dan desa seperti saat ini, seharusnya desa lebih proaktif menyuarakan betapa pentingnya WC untuk kesehatan masyarakat.

Olehnya, sebagai bidang yang melayani masalah kesehatan masyarakat. Dirinya berkomitmen, akan bekerjasama dengan pihak desa agar seluruh masyarakat bisa memiliki WC dan prilaku BABS bisa ditinggalkan untuk mewujudkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Ya, agar tidak ada lagi masyarakat yang BAB secara sembarangan, Pemdes bisa menganggarkan Dana Desa (DD) untuk membuat WC untuk masyarakat. Untuk itu, pihak Dinkes BS akan berkomitmen bersama desa agar seluruh warga tidak lagi BAB sembarangan, tentu Pemerintah Desa juga berkometmen untuk dapat membantu menyediakan fasilitas yang ada bagi warganya,” pungkasnya. (one)

Sumber: