Goro Perbaiki Irigasi dan Jembatan Gantung

Goro Perbaiki Irigasi dan Jembatan Gantung

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Kondisi irigasi sawah sapatan dan jembatan gantung di Desa Tungkal Satu Kecamatan Pino Raya semakin rusak parah. Lantaran termakan usia dan lama tak diperbaiki.

Masyarakat setempat berinisiatif gotong royong (goro) memperbaiki dua aset tersebut, agar tetap bisa digunakan. Minin (55) petani setempat mengaku, saat ini pihaknya tengah bermusyawarah bersama beberapa kelompok tani di hamparan Sapatan untuk menentukan hari yang tepat pelaksanaan goro tersebut. Hal ini, agar pekerjaan goro lebih maksimal dan hasil yang didapatkan juga lebih baik.

“Para petani lainnya juga telah sepakat untuk goro perbaikan jembatan dan irigasi. Ini juga akan kami sampaikan ke pemerintah desa. Sementara ini, kami masih melakukan persiapan terutama pengadaan bahan baku perbaikan jembatan,” ujarnya.

Diteruskan Minin, untuk kondisi jembatan, hal yang paling penting diperbaiki adalah stuktur lantainya. Sebab, hampir 80 persen lantai jembatan yang terbuat dari kayu tersebut sudah lapuk. “Kalau bagusnya memang lantai jembatan diberi papan, tapi kalau nanti papannya tidak ada. Maka kami pasang bambu saja,” ungkapnya.

Senada dikatakan Unadi (54) petani lainnya. Untuk perbaikan saluran irigasi, langkah pertama yang akan dilakukan dengan cara membersihkan endapan lumpur yang hampir memenuhi siring sepanjang 200 meter tersebut. Setelah itu, barulah petani akan menambal permukaan yang sudah berlubang dan retak.

“Inginnya memang goro dilakukan segera, tapi para petani masih mempertimbangkan situasi puasa. Meski demikian, kami akan terus bermusyawarah agar kegiatan ini cepat terlaksana. Sebab, irigasi dan jembatan ini sangat penting. Apalagi, akan masuk musim tanam padi nantinya,” tuntas Unadi. (rzn)

Sumber: