Rp 1,3 Miliar untuk Bendungan Bengkenang

Rp 1,3 Miliar untuk Bendungan Bengkenang

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bendungan air Bengkenang Buntu akan diperbaiki tahun ini. Pemerintah Daerah Daerah (Pemda) Bengkulu Selatan (BS) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) BS akan merehabilitasi kerusakan bendungan di wilayah Kecamatan Air Nipis itu. Bahkan, Pemkab BS telah menyediakan anggaran Rp 1,3 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten BS tahun 2022.

“Meskipun anggaran terbatas dimasa pandemi covid-19 ini, namun tetap berupaya menganggarkan dana untuk pembangunan fisik infrastruktur termasuk perbaikan bendungan irigasi, jalan dan sebagainya,” kata Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR BS, Teddy Setiawan, M.Si melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA), Putra Irawan, ST mengatakan, tahun ini bendungan Bengkenang Buntu yang berada di Kecamatan Air Nipis akan diperbaiki. Bendungan itu rusak akibat diterjang air bah beberapa waktu lalu. Akibatnya selama ini bendungan itu tidak berfungsi. Sawah masyarakat kekeringan karena hanya mengandalkan sumber air dari hujan.

"Setelah diperbaiki nantinya diharapkan sawah petani kembali bisa mendapatkan air seperti sebelum bendungan rusak,” kata Putra Irawan.

Dijelaskannya, saat ini pekerjaan proyek tersebut masih proses lelang. Ditarget 31 Mei 2022 paket pekerjaan itu harus sudah terkontrak. Sehingga proses pengerjaan di lapangan bisa langsung dimulai.

Jika proyek itu tidak terkontrak sampai batas waktu 31 Mei 2022, maka anggaran tersebut akan ditarik kembali oleh pemerintah pusat. Tentu ini akan merugikan daerah.  (one)

Sumber: