Segera Laporkan Realisasi BLT DD

Segera Laporkan Realisasi BLT DD

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Pemerintah Desa (Pemdes) diminta segera melaporkan realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) ke BPKAD BS. Khususnya desa yang sudah mencairkan DD tahap I. Hal ini, terkait persiapan untuk penyaluran DD tahap II.

Adapun persyaratan penyaluran dana desa tahap I yakni penyampaian laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran DD tahun anggaran 2021. Serta, laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran DD tahun anggaran 2022 yang menunjukkan rata rata realisasi penyerapan DD tahap I minimal 50% dan rata rata capaian keluaran minimal 35 % dari dana desa yang telah di salurkan baik untuk BLT desa maupaun non BLT desa.

“Pemerintah desa yang telah menyalurkan BLT DD tahap pertama silakan melaporkan ke BPKAD sesuai dengan format yang ada supaya BLT DD untuk bulan berikutnya yakni bulan 4, 5 dan 6 bisa segera diproses,” ujar Kepala BPKAD, Nuzmanto M Aidil.

Dikatakan Nuzmanto, pihaknya berharap bagi Pemdes yang belum menyalurkan BLT DD sama sakali segera dipercepat. Karena BLT DD ini sangat ditunggu-tunggu warga, terlebih untuk menopang perekonomian mereka dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Mengingat batas akhir mengajuan pencairan DD tahap I paling lambat bulan Mei 2022 mendatang. “Masih ada belasan desa lagi yang sampai kini belum mengajukan pencairan DD tahap I,” pungkasnya. (one)

Sumber: