Ukur Kemampuan Siswa Lewat Try Out

Ukur Kemampuan Siswa Lewat Try Out

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Persiapan ujian sekolah berbasis komputer (USBK) tingkat SMP dan MTs, ukur kemampuan siswa dengan melaksanakan try out berbasis daring, Senin (11/4). Salah satunya SMPN 9 BS, yang berada di Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna.

Kepala SMPN 9 BS, Gunawan Oktawarman, S.Pd mengaku try out untuk melatih kemampuan siswa dalam menjawab soal ujian. Sekaligus juga bisa ukur kemampuan siswa dari nilai try out yang didapat. “Kegiatan dilaksanakan secara bertahap dan berbasis daring. Seluruh siswa kelas IX ikut try out ini,” ujarnya.

Gunawan mengatakan sebagian besar soal yang disajikan dalam try out berbentuk pilihan ganda. Hal ini untuk menghindari tingkat kecurangan dalam ujian, serta menghemat waktu pelaksanaan ujian. Tim penilaipun akan lebih mudah memeriksa hasil try out yang dilakukan siswa.

“Mata pelajaran yang disajikan dalam try out, mata pelajaran yang akan masuk dalam USBK. Hal ini agar siswa lebih terlatih dan tidak takut untuk menghadapi ujian,” terangnya.

Bahkan, hasil dari kegiatan nantinya akan ditempel di papan pengumuman sekolah agar semua siswa dan guru melihat sejauh mana kesiapan dan kemampuan siswa. Jika nilainya masih rendah, sekolah masih punya waktu untuk memperbaiki kesiapan siswa. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, menjadi semangat baru siswa mengikuti USBK nantinya,” tuntas Gunawan.

Ditambahkan Gunawan, usai mengikuti try out siswa sudah dapat gambaran tentang pelaksanaan USBK. Para siswa dapat mempersiapkan diri lebih matang lagi. terutama mereka yang mendapat nilai rendah saat mengikuti try out.  (rzn)  

Sumber: