Seleksi PPPK Tahap III Menunggu Kepastian

Seleksi PPPK Tahap III Menunggu Kepastian

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Para guru honorer masih menunggu kepastian kelanjutan seleksi PPPK tahap III. Pasalnya penetapan jadwal seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahap III belum juga dipastikan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kabid PTK Dinas Dikbud Bengkulu Selatan (BS) Amir Syopian MPD mengatakan formasi seleksi PPPK guru tahun ini tetap akan digabungkan dengan formasi PPPK 2021. Artinya BS tetap mendapatkan 369 formasi dari berbagai bidang studi guru.

“Untuk jadwal pastinya (tes PPPK tahap III) belum kami dapatkan. Karena ini masih dibahas oleh Panselnas. Meski demikian, rangkaian seleksi ini tetap dilaksanakan karena formasi masih banyak yang belum terisi,” ujarnya.

Disampaikan Amir, dari hasil seleksi PPPK tahap I September 2021 dan seleksi tahap II Desember 2021, baru 129 formasi guru yang terisi. Sementara 240 formasi yang tersisa, belum juga terisi.

“Kita daerah hanya bisa menunggu, karena proses dan kebijakan ada di pusat. Secara pasti kami tidak tahu terkait kendala ataupun perubahan arah kebijakan seleksi lanjutan nantinya,” beber Amir.

Meski demikian, para peserta seleksi PPPK tahap I dan II tak perlu khawatir nama mereka terhapus dalam sistem. Sebab seleksi tahap III mendatang pusat akan fokus merekrut peserta yang belum lolos seleksi sebelumnya untuk dites kembali.

“Semua peserta yang belum lolos tetap diseleksi lagi. Teknisnya tetap berbasis CAT (computer assisted test) dan secara shift,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si menyebut selaku tim Panselda PPPK guru BS, belum dapat memberikan gambaran penuh bagi guru honorer terkait seleksi lanjutan yang akan digelar.

“Kita tunggu saja dulu keputusan dari pusat. Meski demikian, honorer yang sudah lolos sudah dipastikan diangkat ASN PPPK. Mereka hanya menunggu pembagian SK dan penetapan NIP saja,” tuntasnya. (rzn)

Sumber: