Pegawai di Bengkulu Selatan Terus Berkurang

Pegawai di Bengkulu Selatan Terus Berkurang

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan terus berkurang setiap tahun. Hal ini lantaran ada pegawai yang memasuki usia pensiun dan ada juga pegawai pindah tugas ke daerah lain. Sementara selama ini perekrutan PNS minim.

Untuk menanggulangi kekurangan pegawai di Bengkulu Selatan, Pemkab BS terus mengajukan usulan kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Kontrak (PPPK). Meskipun tahun ini dari pemerintah pusat tidak membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan hanya merekrut Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Untuk seleksi CASN Tahun 2022 pemerintah fokus rekrutmen PPPK, dan di tahun ini formasi untuk CPNS tidak tersedia, namun kouta CPNS untuk Pemkab BS tetap di usulkan sebanyak 300 formasi lebih untuk tenaga kesehatan, pendidikan dan guru, meskipun peluang tersebut kecil didapat," ujar Sekda BS, Sukarni M.Si.

Dikatakan Sukarni, rekrutmen PPPK pada tahun 2021 kemarin, sangat membantu sekali dalam pemenuhan tenaga PNS di BS yang sangat banyak kekurangan terutama tenaga kependidikan guru. Untuk itu, pada tahun ini juga diharapkan kembali perekrutan untuk PPPK tetap dilaksanakan.

"Dengan mengikuti arah pemerintah pusat, Pemkab BS terus mengajukan usulan formasi sebanyak-banyaknya CPNS setiap tahun. Tujuannya untuk kejelasan kriteria dari formasi jabatan untuk skema CPNS maupun PPPK," pungkas Sukarni. (one)

Sumber: