TPG Puluhan Guru Terancam Tak Cair

TPG Puluhan Guru Terancam Tak Cair

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sebanyak 35 guru TK, SD dan SMP di Bengkulu Selatan (BS) terancam tidak bisa menerima dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan pertama 2022.

Itu lantaran guru tersebut dinilai tidak memenuhi kriteria pencarian dan berkasnya masih harus diverifikasi ulang.

Salah satu kriteria yang menghambat pencairan TPG yakni kurangnya jam mengajar. Hingga keterangan absensi tugas yang belum lengkap.

Kepala Dinas Dikbud BS, Novianto, S.Sos, M.Si mengatakan kesalahan pemberkasan murni dari pihak guru penerima.

“Secara keseluruhan TPG akan segera dicairkan, paling lambat hari Jumat (22/4) ini semuanya sudah masuk rekening Kasda. Namun dari 1200 penerima TPG, ada 35 orang yang terancam tidak cair,” ujar Novianto,Rabu (20/4/2022).

Total anggaran TPR mencapai Rp 14,5 miliar ini sesuai dengan penerima. “Kalau yang belum lengkap syarat, kemungkinan besar anggarannya di triwulan kedua,” ungkap Novianto.

Dia berharap para guru penerima TPG lebih jeli dan maksimal dalam bertugas agar berkas yang diajukan benar-benar baik dan teliti. “Jangan sampai kejadian ini terulang lagi, karena akan merugikan guru itu sendiri. Terlebih TPG adalah hak murni guru atas kinerjanya masing-masing,” jelasnya.

Selain TPG, Tunjangan Tambahan Penghasilan (Tamsil) untuk 250 guru juga akan disalurkan. Jadwal pencairan berbarengan dengan TPG dan langsung masuk ke rekening guru penerima. “Kalau tamsil secara keseluruhan tidak ada masalah,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: