Pantai Pasar Bawah Tak Dilelang

Pantai Pasar Bawah Tak Dilelang

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pariwisata (Dispar) Bengkulu Selatan (BS) tidak akan menyerahkan pengelolaan objek wisata Pantai Pasar Bawah pada libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hal ini lantaran Dispar BS berniat mengelola sendiri kegiatan di Pantai Pasar Bawah tersebut. Sekretaris Dispar BS, Nengsih Apriani, S.Pi, mengaku tidak sedikit pihak ketiga yang mengajukan proposal pengelolaan Pantai Pasar Bawah. Namun proposal langsung ditolak dan dikembalikan kepada pemiliknya.

“Secara rutin memang hanya satu objek wisata saja yang kerap masuk dalam daftar lelang tahunan, Pantai Pasar Bawah. Namun tahun ini tidak akan kami lelang, sesuai kesepakatan bersama sebelumnya,” ujar Nengsih kepada Rasel, Rabu (27/4).

Nengsih menyebut alasan lain tidak menyerahkan kepada pihak ketiga, untuk keamanan fasilitas dan kelestarian pantai. Pihak ketiga dinilai kurang bertanggung jawab dalam menjaga fasilitas yang ada.

“Nanti kami bersama tim akan meninjau objek wisata Pasar Bawah. Untuk yang ingin berjualan tetap boleh, tentu ada retribusi yang diterapkan sesuai Perda,” beber Nengsih.

Dengan dikelola langsung, artinya Dispar BS akan menyediakan hiburan rakyat agar dapat menarik karcis masuk kepada para pengunjung.

“Biasanya kalau dilakukan lelang, nilai yang ditawarkan Rp 40-50 juta. Tapi sekarang ini tidak ditawarkan lagi, langsung tim Dispar yang mengelolanya. Sarana hiburan, nanti tetap kami sediakan,” demikian Nengsih. (rzn)

Sumber: