Usulkan 16.062 Warga Dapat BPJS Gratis

Usulkan 16.062 Warga Dapat BPJS Gratis

RASELNEWS.COM, SELUMA - Dinas Sosial Seluma bersama BPJS Kesehatan Seluma mengusulkan tambahan 16.062 warga dapat BPJS gratis. Karena iurannya ditanggung pemerintah pusat sehingga masyarakat kurang mampu tidak dibebani membayar iuran. Program ini bertujuan meringankan beban masyarakat kurang mampu.

Kepala BPJS Seluma Ricco Hanggara, S.Kep mengatakan usulan tambahan masyarakat kurang mampu yang kepesertaan BPJS ditanggung pemerintah pusat sudah diusulkan. “Saat ini usulan tambahan peserta BPJS gratis yang iurannya ditanggung pemerintah pusat diusulkan ke Kemenkes dan Kementrian Sosialdan akan diproses paling lambat Mei nanti,” tegas Ricco, kemarin.

Masyarakat kurang mampu yang belum tercover BPJS sebanyak 22 ribu lebih. Jika usulan 16. 062 jiwa dapat difasilitasi BPJS, artinya hanya menyisakan beberapa ribu warga yang belum dilindungi BPJS.

"Kami bersama Pemkab Seluma melalui Dinas Sosial berharap agar masyarakat kurang mampu yang tercover dalam kepesertaan BPJS yang dibiayai negara semuanya bisa tertampung untuk Seluma," tegasnya siang kemarin.

Selain peserta BPJS iuran tanggungan pemerintah, juga ada BPJS mandiri yang iurannya ditanggung pribadi peserta. BPJS juga akan memberikan keringan bagi peserta mandiri yang menunggak pembayaran jika berniat mengaktifkan kembali. Langkah ini juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Mereka yang tunggakan iurannya sudah tinggi akan diberi keringanan oleh BPJS. Jika tunggakan belum dilunasi, maka kartu BPJS tidak aktif dan tidak bisa digunakan saat berobat.

"Jadi silahkan peserta mandiri yang mempunyai tunggakan, kami akan berikan keringan. Jadi kepesertaannya bisa aktif kembali,” pungkas Ricco. (rwf)

Sumber: