Usai Lebaran, Angka Pernikahan Meningkat

Usai Lebaran, Angka Pernikahan Meningkat

RASELNEWS.COM, KAUR - Melangsungkan pernikahan usai lebaran Idul Fitri, sepertinya sudah mengakar di Kabupaten Kaur. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur mencatat jumlah pernikahan usai Idul Fitri 1443 Hijriah mengalami peningkatan drastis dari hari-hari biasa.

“Jumlah pasangan yang mengajukan pernikahan mengalami peningkatan pasca lebaran. Bahkan data kami, pasangan calon pengantin yang mendaftar di beberapa KUA sudah terisi sampai Juni nanti,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur H. Irawadi, S.Ag, M.H.I, Ahad (8/5/2022).

Irawadi mengaku pernikahan yang digelar sebelum Ramadan dan usai Idul Fitri seperti menjadi hari baik bagi masyarakat. Untuk itu, Kemenag Kaur selalu mengantisipasi dengan memastikan stok buku nikah tidak mengalami kekurangan.

Sayangnya, Irawadi mengaku kebanyakan pasangan pengantin enggan menikah di KUA. Padahal KUA memberikan pelayanan gratis untuk pelaksanaan akad nikah di KUA. Warga lebih memilih membayar Rp 600 ribu agar dapat melaksanakan pernikahan di rumah atau masjid tempat tinggal mereka.

“Walaupun nikah gratis di KUA, tapi pasangan pengantin lebih memilih melepas masa lajang di rumah atau masjid di tempat tinggal mereka meski harus bayar Rp 600 ribu. Padahal setiap KUA sudah menyediakan tempat ijab kabul,” demikian Irawadi. (jul)

Sumber: