Objek Wisata Lubuk Langkap Harus Jadi Contoh

Objek Wisata Lubuk Langkap Harus Jadi Contoh

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Objek wisata Lubuk Langkap di Desa Lubuk Langkap Kecamatan Air Nipis Provinsi Bengkulu merupakan bukti geliat pembangunan sektor wisata di desa mulai terlihat. Ini setelah pemerintah desa mengalokasikan anggaran khusus untuk pembangunan desa wisata.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi mengatakan, keinginan pemerintah agar desa mengembangkan potensi wisata di desa masing masing sudah mulai terwujud. Salah satunya di Kecamatan Air Nipis yaitu Desa Lubuk Langkap, merupakan contoh desa yang sudah mengembangkan desa wisata. Wisata yang satu ini, selain memiliki pemandangan alam yang menyegarkan mata. Tentunya akan membawa semua yang datang bernostalgia ke kehidupan desa yang sudah jarang di temui di kota-kota.

Untuk itu, wisata Air Lubuk Langkap ini harus dijadikan contoh bagi desa lain untuk ikut mengembangkan potensi wisata di desanya masing-masing. “Ya, inilah salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten BS, yakni objek wisata Lubuk Langkap. Sesuai dengan keinginan Bapak Presiden Joko Widodo, agar setiap desa dapat menjadikan Desa Digital dan Desa Wisata (Dedi Dewi). Air Lubuk Langkap harus jadi contoh desa lain," kata Bupati.

Gusnan mengaku, dengan adanya wisata desa seperti ini. Pemdes juga bisa mengenalkan kesenian dan kebudayaan. “Dengan pengelolaan wisata yang baik, bisa menambah penghasilan warga desa dan perekonomian warga akan tumbuh,” terangnya.

Terpisah, Kepala DPMD BS Herman Sunarya mengaku pihaknya kini terus melakukan pembinaan bagi Pemdes terutama yang mempunyai potensi wisata desa. Dengan cara melalui anggaran APBDes bisa mengembangkan potensi wisata di desa masing-masing.

“Kami terus memberi bimbingan dan arahan, bagi desa yang punya potensi wisata agar dikembangkan, bisa melalui BUMDes, Pokdarwis atau secara swadaya, dibantu melalui Dana Desa,” terangnya. (one)

Sumber: