Juli, 9500 Ekor Bibit Ikan Patin Bakal Dibagikan

Juli, 9500 Ekor Bibit Ikan Patin Bakal Dibagikan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dinas Perikanan (Diskan) Bengkulu Selatan (BS) tengah mempersiapkan pembagian 9500 bibit ikan patin bagi sejumlah kelompok perikanan (pokkan) penerima.

Jika tidak ada halangan, pembagian ribuan bibit yang langsung didatangkan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tersebut mulai awal Juli mendatang.

“Total bibitnya mengalami kenaikan dari bantuan tahun sebelumnya. Berikut dengan pakan yang jumlahnya mencapai 3,5 ton. Meski demikian, kami belum bisa menyebutkan siapa saja kelompok penerima karena berkasnya masih diseleksi,” ujar Kabid Perikanan Budidaya Diskan BS, Nopi Supriadi, A. Pi.

Diteruskan Nopi, bantuan bibit ikan patin merupakan program rutin yang dilakukan pihak KKP RI dalam menunjang perekonomian masyarakat di sektor budidaya ikan air tawar.

Bibit yang diberikan tersebut, tidak perlu dikembalikan ke KKP ataupun Diskan BS. Sebab, semuanya sudah menjadi hak milik kelompok penerima nantinya. “Setelah bibit dibagikan, kami akan mendampingi pokkan hingga bibit tersebut berkembang besar. Setelah panen, hasilnya untuk kelompok itu sendiri dan silahkan untuk dikembangkan mandiri,” ungkapnya.

Maka dari itu, Nopi berharap agar setiap pokkan yang mendapatkan bantuan nantinya. Untuk lebih serius dan aktif mengelola bibit tersebut. Jangan sampai, bibit yang diberikan malah habis dalam satu periode panen, dan kedepannya pokkan tidak jadi berkembang.

“Satu pokkan hanya berhak mendapatkan satu kali bantuan saja. Kalau mereka gagal mengelola, itu salah mereka. Makanya harus serius dan ambisi untuk maju,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: