Buah Durian Bengkulu Selatan “Diekspor” Keluar Kabupaten

Buah Durian Bengkulu Selatan “Diekspor” Keluar Kabupaten

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Buah durian membanjiri wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Hampir disetiap sudut terdapat penjual menjajakan buah berduri ini.

Maklum saja, saat ini sedang musim durian. Pohon durian di wilayah Kecamatan Seginim, Air Nipis, dan Kedurang berbuah lebat.

Selain dipasarkan di wilayah BS, durian BS ternyata “diekspor” keluar kabupaten. Banyak warga dan pengepul yang sengaja datang untuk membeli durian. Seperti toke dari Lampung, Sumatera Selatan, bahkan dari Pulau Jawa.

“Yang beli bukan hanya orang kita (BS), tapi banyak yang dari luar daerah, ada dari Lampung, Pagaralam, Jakarta. Biasanya kalau toke dari Lampung itu belinya borongan di batang. Banyak yang masih mentah dibawa ke Lampung,” ujar Padri, salah seorang penjual dan pemilik kebun durian di Kecamatan Air Nipis.

Tingginya peminat durian membawa berkah bagi warga yang memiliki kebun buah durian. Mereka bisa mendulang cuan dari penjualan buah yang memiliki aroma khas itu. Ada warga yang memilih menjual durian secara borongan di pohonnya, ada juga yang memilih menjual durian matang.

“Kalau jual dipohonnya itu biasanya harga Rp 2 juta sampai Rp 5 juta, tergantung banyak buahnya. Tapi kalau jual yang matang tidak bisa seluruhnya, menunggu saat ada yang jatuh saja,” ungkap Padri. (yoh)

Sumber: