Pemdes Anggut Bagi-bagi Bibit Lele dan Pepaya

Pemdes Anggut Bagi-bagi Bibit Lele dan Pepaya

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Anggut Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang akan membagikan bibit ikan lele dan bibit pepaya ke setiap masyarakat yang ada di desanya.

Hal ini dilakukan Pemdes Anggut sebagai tindaklanjut alokasi 20 persen anggaran Dana Desa (DD) diperuntukkan ketahanan pangan yang ada di desa masing-masing.

Kades Anggut, Miedwan Efendi mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat bersama, Pemdes Anggut tahun ini akan membagikan bibit lele dan pepaya kepada seluruh masyarakat. Yang mana, mekanismenya sudah diatur sesuai dengan dana anggaran yang tersedia.

Untuk bibit lele ini nanti akan diberikan kepada setiap rumah, bukan berdasarkan jumlah KK. Namun, pembagiannya akan dibentuk seperti perkelompok. Begitupun, dengan bibit pepaya.

"Dari jumlah rumah yang ada, akan di hitung dan dibagi ke masing-masing yang terdiri dari empat rumah. Yang mana, penerima bantuan itu nantinya bertanggung jawab atas pemeliharaan lele tersebut. Sementara, bibit pepaya ditanam langsung di perkarangan rumah masing-masing," ungkapnya.

Kades menambahkan, sebelum pembagian bibit nantinya, pihaknya akan mensosialisasikan bagaimana cara pemeliharaan lele yang baik. Yang mana, dengan mendatangkan langsung pihak ahlinya. Sehingga, lele yang diberikan kepada masyarakat bisa mendapatkan hasil yang baik.

Jika anggaran cukup, ada 2000 ekor bibit ikan lele akan dibagikan ke masyarakat. Nantinya, kalau lele tersebut sudah besar maka masing-masing kelompok silakan menjualkan lele tersebut.

"Ada sekitar 2000 bibit lele akan dibagikan ke masyarakat. Ini tidak lain untuk mendukung program ketahanan pangan yang ada di masyarakat," demikian Kades. (one)

Sumber: