Kendaraan Dinas Pun “Enggan” Uji KIR

Kendaraan Dinas Pun “Enggan” Uji KIR

RASELNEWS.COM, SELUMA - Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPPKB) Seluma sepi pengunjung, bahkan kendaraan dinas Pun "Enggan" uji KIR. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Erlan Suadi, SP, MAP mengaku target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPKB) belum tercapai. Pasalnya jumlah kendaraan angkutan barang dan penumpang masih banyak yang belum melakukan uji KIR. Bahkan hingga Mei 2022, tidak sampai 20 unit kendaraan yang melakukan uji KIR di BPKB Seluma.

"Jadi target PAD dari sektor BPKB ini sulit tercapai. Karena jumlah kendaraan yang melakukan uji KIR sangat terbatas," ungkap Erlan.

Belum lagi dukungan dari setiap OPD lingkungan Pemkab Seluma, disebut Erlan sangat kurang. Karena kendaraan dinas operasional angkutan barang di setiap OPD juga masih banyak yang belum melakukan uji KIR. Bahkan dari seluruh OPD, kendaraan angkutan barang seperti Hilux dobel cabin dan single cabin, tidak sampai 10 unit yang melakukan uji KIR di BPKB Seluma.

"Dukungan dari OPD juga tidak ada. Jumlah kendaraan angkutan barang di seluruh OPD lebih dari 20 unit. Tapi sampai saat ini tidak sampai 10 unit yang melakukan uji KIR di BPKB. Artinya dukungan dari OPD lain juga tidak ada. Padahal, jika mereka melakukan uji KIR, bisa menambah PAD," sesal Erlan.

Termasuk kendaraan operasional desa, menyebut tidak ada kesadaran sama sekali untuk melakukan pengujian kelayakan yang dilakukan setahun sekali ini. “Jadi kami meminta dukungan dari semua pihak agar kendaraan angkutan barang dan penumpang baik milik umum, pemerintah desa dan milik pemerintah daerah, segera melakukan uji KIR di BPKB," harap Erlan. (rwf)  

Sumber: