Penilaian Akhir Semester Dipercepat

Penilaian Akhir Semester Dipercepat

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Jadwal pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk sekolah jenjang pendidikan dasar (SD/SMP) tahun ajaran 2021/2022 dipercepat pada 30 Mei hingga 8 Juni mendatang.

Perubahan jadwal ini sesuai dengan hasil musyawarah kelompok kerja kepala sekolah (K3S) yang dilaksanakan di SMPN 9 BS Selasa (17/5/2022). “Dari kesepakatan seluruh kepsek, 30 Mei PAS sudah digelar. Ini karena jadwal akademik sudah mepet dan harus segera dirampungkan,” kata Kepala SMPN 9 Bengkulu Selatan (BS), Gunawan Oktawarman, S.Pd.

Mengacu pada jadwal sebelumnya, pelaksanaan PAS baru dimulai awal Juni, namun karena semester ini banyak libur dan sekolah akan menjalankan proses PPDB (penerimaan peserta didik baru), maka kepala sekolah membuat kesepakatan untuk mempercepat pelaksanaan PAS tersebut.

“Lebih cepat lebih bagus, karena memang proses pendidikan siswa telah selesai. Merekapun akan lebih fokus dan mempersiapkan diri, jika jadwalnya sudah ada,” beber Gunawan. Terpisah, Kabid Dikdas Dinas Dikbud BS, Efriansyah, SE, meminta seluruh guru dan kepala sekolah mempersiapkan diri menyambut pelaksanaan PAS dan PPDB tersebut.

Semua materi pelajaran yang belum tersampaikan ke siswa, harus selesai sebelum jadwal PAS tersebut. Disamping itu, para kepala sekolah harus segera menyampaikan daftar wilayah zonasi sekolah masing-masing, untuk ditetapkan dalam POS PPDB tahun ajaran 2022/2023 mendatang.

“Baik ruangan ujian, pembagian jadwal pengawas hingga teknis ujian harus segera disusun dari sekarang. Para siswa harus bersiap diri dan lebih tekun belajar,” demikian Efriansyah. (rzn)

Sumber: