Kembali Ditemukan Balita Gizi Buruk

Kembali Ditemukan Balita Gizi Buruk

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Gizi buruk masih jadi pekerjaan rumah (PR) di Kabupaten BS. Priode Januari - Mei 2022 ini ditemukan tiga balita yang mengalami gizi buruk. Mereka adalah Sa warga Desa Pagar Gading Kecamatan Pino Raya, Fr warga Kelurahan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna dan Ad warga Desa Dusun Tengah Kecamatan Seginim. Pertumbuhan ketiga balita ini tidak normal, tubuhnya kurus dan pendek.

Plt Kepala Dinkes BS Didi Ruslan M.Si melaui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Ns.Elfa Sari, S.Kep M.Kes mengatakan, tahun lalu ditemukan tujuh balita gizi buruk. Semuanya sudah ditangani secara medis.

Tahun ini kembali ditemukan tiga kasus. Juga sudah mendapat pelayanan medis. "Ya, ada tiga balita yang murni alami gizi buruk tanpa ada penyakit penyerta. Pada saat lahir, ketiga balita tersebut lahir normal," tuturnya.

Ditambahkan Elfa, kemungkinan besar makanan yang diberikan oleh orang tua ketiga balita tersebut tidak seimbang dengan kebutuhan yang diperlukan balita untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga, menyebabkan pertumbuhan balita itu menjadi lambat.

Sementara, untuk penanganan kasus balita gizi buruk ini, pihaknya selalu melakukan pemantauan serta pelayanan dengan memberikan makanan tambahan seperti susu dan roti serta vitamin kepada balita yang mengalami gizi buruk tersebut.

"Pelayanan yang kami berikan cukup prima hingga balita tersebut kembali sehat sesuai bobot badan balita normal lainnya. Seminggu sekali kondisinya kami pantau. Alhamdulillah, pertumbuhan ketiga balita itu sudah mulai membaik," pungkasnya. (one)

Sumber: