Berkas Tamsil Mulai Diproses; Akhir Juli Cair?

Berkas Tamsil Mulai Diproses; Akhir Juli Cair?

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Menjelang pencairan anggaran rutin tunjangan tambahan penghasilan (tamsil) guru triwulan kedua 2022, pekan depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan (BS) mulai memproses ratusan berkas guru penerima tunjangan tamsil.

Kasi Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Bidang PTK Dinas Dikbud BS, Iwan Irawan, SE, MM mengatakan, pemberkasan mulai dijalankan, karena ini sudah masuk bulan kedua tahun ini. “Kami minta guru penerima tunjangan segera menyampaikan berkas ke kami (Dinas Dikbud),” ujarnya.

Untuk jumlah pasti penerima tunjangan tamsil periode ini, masih menunggu arahan dari Kementerian Pendidikan, melalui proses rekonsilidasi pada Juni mendatang. Hal ini juga untuk menyesuaikan ketersediaan pagu anggaran dengan total penerima tamsil yang memenuhi syarat.

Diaman, salah satu poin yang dijelaskan yakni guru penerima tamsil ijazahnya wajib lininer dengan bidang pelajaran yang diampu. Kemudian, wajib mengajar selama 24 jam.

“Total penerima ini disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia dari pusat. Tapi guru penerima wajib memenuhi kriteria yang ditentukan, salah satunya mengajar 24 jam full,” ungkapnya.

Apabila semua berkas dan syarat sudah diverifikasi tim Kemendikbud RI. Kemungkinan pada akhir Juli mendatang dananya sudah bisa ditransferkan ke rekening masing-masing guru penerima. Sehingga ratusan guru sudah bisa menikmati tunjangan tersebut.

“Per bulan itu sebesar Rp 250 ribu, karena dihitung per tiga bulan sekali. Maka setiap pencairan guru akan menerima tunjangan sebesar Rp 750 ribu,” sambungnya. (rzn)

Sumber: