Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, Polres Kaur Turun Tangan

Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, Polres Kaur Turun Tangan

RASELNEWS.COM, KAUR - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak jenis sapi, kerbau, dan kambing, kini menjadi perhatian semua pihak. Guna mencegah penyebaran PMK di Kabupaten Kaur ini, Polres Kaur bersama dinas terkait mulai mengawasi lalu lintas pengiriman hewan ternak yang masuk dan keluar wilayah Kaur.

“Ini sesuai instruksi Kapolri dan Kapolda Bengkulu. Kita jajaran Polres Kaur kini mulai melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar dan masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Kaur. Ini dilakukan untuk mencegah PMK masuk Kaur,”kata Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK, MH melalui Wakapolres Kaur Kompol Hanny Junianto, SH, MH, M.TPd, Rabu (18/5).

Dikatakan Wakapolres, melalui instruksi tersebut, kepolisian bersinergi dengan Dinas Peternakan untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini banyak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Dalam mencegah PKM itu, Polres Kaur telah mengerahkan seluruh jajaran Polsek guna mendata setiap peternakan sapi di wilayah hukum Polres Kaur.

“Kita sudah perintahkan seluruh polsek jajaran guna mendata setiap peternakan sapi warga. Ini kita lakukan untuk mengetahui apakah ada hewan yang sudah terkena PMK,” terangnya. Ia meminta kepada para peternak agar dapat selalu memperhatikan kesehatan hewan ternaknya.

“Sampai saat ini kita belum menemukan virus PMK masuk ke Kaur ini dan mudah-mudahan ini tidak terjadi, kita minta seluruh kesehatan hewan akan diminta untuk dicek secara berkala, ini guna mencegah PMK ini,” tutupnya.(jul)

Sumber: