Dua Kepala Sekolah Dirotasi, Tapi Hanya Satu Dilantik

Dua Kepala Sekolah Dirotasi, Tapi Hanya Satu Dilantik

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan (BS), kembali melakukan mutasi jabatan kepala sekolah (kepsek), Kamis (19/5) sore.

Mutasi kali ini hanya merotasi dua jabatan kepsek. Kepala SDN 4 BS Adi Purnawan Akbar, S.Pd.SD ditunjuk menjadi Kepala SDN 8 BS. Sebaliknya, Kepala SDN 8 BS Desmaharleni, S.Pd menjabat Kepala SDN 4 BS.

Hanya saja, mutasi kali ini terbilang unik karena keduanya belum setahun menjabat di sekolah masing-masing. Pada mutasi besar-besaran pada 13 Oktober 2021, Adi Purnawan Akbar dan Desmaharleni ditetapkan sebagai Kepala SDN 4 BS dan Kepala SDN 8 BS.

Kepala Dinas Dikbud BS Novianto, S.Sos, M.Si menyebut rotasi yang dilakukan sebagai hal yang biasa. Apalagi kedua kepsek tersebut hanya bertukar lokasi tugas.

“Betul (ada rotasi), hanya dua sekolah. Alasannya untuk penyegaran organisasi sekolah sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Novianto dikonfirmasi Rasel via telepon, Ahad (22/5).

Ia mengklaim tidak ada masalah administrasi maupun faktor kinerja yang menyebabkan keduanya dirotasi. “Rotasi yang dilakukan tidak memengaruhi kinerja sekolah,” tukasnya.

Tak Dilantik

Sementara itu, mantan Kepala SDN 4 BS Adi Purnawan Akbar, S.Pd.SD mengaku tidak mendapatkan undangan dari Dinas Dikbud BS terkait mutasi yang digelar. Ia mengetahui dipindahkan ke SDN 8 BS setelah menghubungi Bidang PTK Dinas Dikbud BS.

“Hanya pengganti saya yang dilantik. Sedangkan saya tidak dilantik sama sekali. Harusnya saya dilantik dan dikukuhkan juga,” ujar Adi.

Ia menyesalkan kebijakan mutasi yang digelar secara tiba-tiba. Baginya mutasi harus dibarengi dengan pelantikan atau minimal undangan kehadiran agar tidak menjadi kesalahpahaman.

“Tapi yang namanya petugas atau bawahan, kami ikut saja. Namun di hati kecil saya sempat menyesalkan lantaran tidak dilantik. Hanya pengganti saya yang dikukuhkan,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: