Menuju Bengkulu Selatan Sehat Perbanyak Desa ODF

Menuju Bengkulu Selatan Sehat Perbanyak Desa ODF

BUKA : Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni memberi arahan saat membuka coffe morning di Dinkes BS kemarin (30/6), dengan tema percepatan capaian desa ODF menuju BS sehat-Wawan Suryadi-Dinkes Bengkulu Selatan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk menuju Bengkulu Selatan sehat, Pemkab Bengkulu Selatan terus berupaya memperbanyak desa ODF (open deficaton free) atau desa stop buang air besar sembarangan.

Upaya yang dilakukan dengan melakukan pembenahan dan pemenuhan fasilitas pendukung. Terutama kometmen bersama untuk mewujudkan percepatan capaian desa ODF.

Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip MSi mengatakan, program utama yang mendukung pelaksanaan Kabupaten Bengkulu Selatan sehat adalah program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Terdiri dari 5 pilar STBM yakni tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS), mencuci tangan pakai sabun (CTPS).

BACA JUGA:Banjir, 60 Ternak Hilang Ratusan Rumah Terendam

Mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman, pengamanan sampah rumah tangga dengan benar dan pengamanan limbah cair rumah tangga dengan aman.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan telah mempunyai komitmen yang kuat agar 5 pilar STBM tersebut dapat terlaksana dengan baik. Dengan komitmen bersama seluruh lembaga terkait.

"Pemerintah daerah bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat termasuk didalamnya menyediakan sanitasi yang layak kepada seluruh masyarakat,” ujar Sukarni.

BACA JUGA:Pahlawan Irpin

Sekda menambahkan, ini bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam mencapai Kabupaten Sehat Tahun 2022. Penilaian ini dilaksanakan pemerintah pusat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat dengan tujuan mendorong terwujudnya kondisi kabupaten yang bersih, aman, nyaman dan sehat.

“Kedepan upaya untuk mencapai Kabupaten Bengkulu Selatan sehat, desa ODF harus terus ditambah, mengingat masih banyak desa yang belum ODF di daerah ini,” terang Sekda. (one)

Sumber: pemda bengkulu selatan