Jalan Rusak Akibat Banjir di Bengkulu Segera Ditangani

Jalan Rusak Akibat Banjir di Bengkulu Segera Ditangani

Pemantauan jalan rusak akibat bencana banjir di Bengkulu--

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Jalan rusak akibat banjir dan longsor di sejumlah wilayah Provinsi Bengkulu telah ditangani. Penanganan dilakukan Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan jalan rusak terjadi di jalan lintas Sumatera Seluma-Bengkulu Selatan. “Saya sudah meminta agar segera melakukan penanganan bencana seperti evakuasi dan perbaikan akses jalan yang putus di beberapa titik dan saat ini sudah bisa dilalui," kata Rohidin, Minggu (3/7).

Gubernur mengatakan jalan putus tersebut sudah bisa dilewati meski harus tetap terjadi antrean kendaraan. Penanganan infrastruktur juga diakukan di Kecamataan Semidang Aas Maras dan ruas jalan Manna-Tanjung Sakti.

"Pemerintah Provinsi Bengkulu juga telah menyalurkan bantuan bahan pangan dan pasokan air bersih di Kota Bengkulu dan Seluma (yang dilanda banjir)," ungkap Gubernur.

BACA JUGA:Gubernur se Sumatera Cari Solusi Naikkan Harga Sawit

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, bencana banjir di empat kabupaten di Provinsi Bengkulu berdampak bagi 4450 kepala keluarga (KK). Selain itu, fasilitas umum seperti masjid dan sekolah juga terdampak banjir.

Kabid Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu Kristian Hermansyah mengatakan setidaknya ada 2.440 rumah terendam banjir, 2 unit sekolah, enam unit masjid dan dua kantor lurah. Banjir terjadi di Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ir Ricky Gunarwan mengaku masih mendata jumlah areal persawahan yang terdampak banjir. Areal persawahan yang rusak akibat banjir bisa mengajukan bantuan kepada pemerintah. "Saat ini jumlahnya belum tahu pasti. Masih menunggu laporan dari kabupaten/kota," tuntas Ricky. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu