Sapi Berkeliaran, Sekda Bengkulu Selatan Marah

Sapi Berkeliaran, Sekda Bengkulu Selatan Marah

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip marah. Dia kesal lantaran sapi masyarakat masih dibiarkan berkeliaran.

Sehingga sering ditemukan kotoran sapi bertebaran di halaman Kantor Bupati Bengkulu Selatan kompleks perkantoran Padang Panjang.

Sekda mengaku, akan mengumpulkan kotoran ternak di halaman kantor dan akan diperlihatkan langsung ke pemilik ternak. Pengumpulan kotoran ternak ini akan didokumentasikan dalam bentuk video.

BACA JUGA:Pencegahan, Ratusan Ternak Sapi Divaksinasi

"Ya, kalau pemilik ternak belum juga terfikir bahwasanya betapa banyaknya dampak akibat ternak diliarkan. Biarlah kami yang jadi "pacal" (pesuruh) warga yang memiliki ternak untuk membersihkan kotoran ternak mereka yang berserakan di halaman Kantor Bupati ini. Siapa tahu ini jadi edukasi," kesal Sekda.

Padahal kata Sekda, payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) terkait hewan ternak sudah terbentuk. Tidak jarang pula peternak didenda dan berurusan dengan penegak Perda.

Namun, belum juga menimbulkan efek jera para peternak. Buktinya, masih banyak dijumpai ternak berkeliaran di jalan raya hingga wilayah perkantoran Padang Panjang Kota Manna.

Selain soal kotorannya yang berserakan, ternak berkeliaran sudah berulang kali menyebabkan kecelakaan lalulintas. Ini merupakan bukti, bahwa beberapa edukasi yang disampaikan kepada para peternak selama ini tidak ada efeknya.

"Bukan saja menyebabkan kecelakaan lalulintas. Tapi kalau ternak terus diliarkan, kotoran dari hewan ternak tersebut bisa membawa penyakit bagi masyarakat itu sendiri," demikian Sukarni. (one)

Sumber: sekda bengkulu selatan