PPL Berlanjut, KWT Diminta Ajukan Usulan

PPL Berlanjut, KWT Diminta Ajukan Usulan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) BS, Ir. Iskandar AZ, mengaku Program Pangan Lestari (PPL), stimulan untuk membangkitkan ketahanan pangan masyarakat, akan terus berlanjut.

Bantuan Rp 60 juta per kelompok tersebut akan kembali dikucurkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI pada 2023 mendatang.

Masing-masing Kelompok Wanita Tani (KWT) di setiap desa, diharapkan dapat mengajukan usulan ke DKP BS. Nantinya, DKP BS akan melakukan pengajuan ke Kementan. Usulan selambatnya diajukan pada Oktober 2022.

“Program pangan lestari tetap berlanjut dan akan kami usulkan kembali ke pusat. Untuk jumlah kuota yang didapat, belum kami terima kepastiannnya. Terpenting kita menyampaikan usulan terlebih dahulu,” ujar Iskandar.

BACA JUGA:11 Masjid di Bengkulu Selatan Salat Id Hari Sabtu Besok

Syarat yang harus dipenuhi KWT diantaranya memiliki anggota aktif minimal 30 orang, serta sudah terbentuk minimal dua tahun dan memiliki lahan olahan secara aktif. “Tahun lalu, ada 10 KWT yang mendapatkan bantuan. Masing-masing program sudah berjalan, bahkan ada yang sudah memetik hasil,” terang Iskandar.

Namun berbeda dengan usulan tahun sebelumnya, proses seleksi dan verifikasi keanggotaan kelompok akan dilakukan secara ketat. Hal ini guna menghindari pemalsuan data kelompok dan lainnya.

“Secara umum jumlah usulan tidak kami batasi. Sebab yang menentukan diterima atau tidak adalah pusat. Tapi sebelum usulan kami teruskan, keaktifan anggota kelompok akan ditelusuri lebih dulu,” pungkas Iskandar. (rzn)

Sumber: dkp