Seluma Potong 854 Sapi, 407 Kambing, dan 4 Kerbau

Seluma Potong 854 Sapi, 407 Kambing, dan 4 Kerbau

Pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha 2022-andri irawan-andri irawan

RASELNEWS.COM, SELUMA  - Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Kabupaten Seluma akan memotong 854 ekor ternak. Dari data Kantor Kemenag Seluma ada 445 ekor sapi dan 407 ekor kambing serta 4 ekor kerbau yang menjadi hewan kurban.

Di Seluma sendiri, Idul Adha tidak diperingati serentak. Bagi anggota Muhammadyah, Idul Adha sudah dilaksanakan hari ini, Sabtu (9/7). Sementara umat lainnya yang mengikuti pemerintah, Idul Adha dilaksanakan keesokan harinya, Minggu (10/7).

Kakan Kemenag Seluma H. Heriansyah mengatakan perbedaan perayaan Idul Adha tersebut bukan menjadi pemisah bagi umat Islam. “Hal itu menjadi keragaman, jadi dipersilahkan ikut yang mana,” tegas Heriansyah.

Sedangkan pemotongan hewan kurban, kemungkinan besar akan dilaksanakan serentak pada hari Minggu. Heriansyah mengklaim seluruh hewan ternak yang akan dipotong sudah melewati pemeriksaan tim kesehatan hewan.


“Semua ternak yang dikurbankan semuanya sudah memenuhi syarat. Total ada 854 ekor ternak yang terdiri dari sapi, kerbau, dan kambing tersebar di 14 kecamatan di wilayah Seluma," tegas Heriansyah.

Sementara itu, Kabag Administrasi Pemerintahan Daerah Setkab Seluma Supardi, mengaku Pemkab Seluma menyiapkan empat ekor sapi. Tiga ekor dari Bupati, Wabup, Sekda dan Asisten, serta satu ekor dari Badan Keuangan Daerah (BKD). Pemotongan hewan kurban rencananya dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Falihin.

"Jajaran Pemkab Seluma total tercatat ada 7 ekor. Yakni 4 ekor dari Sekretariat dan BKD, serta 3 ekornya dari OPD lainnya," pungkas Supardi. (rwf)

Sumber: