Bupati Minta Penularan PMK Ditekan

Bupati Minta Penularan PMK Ditekan

RASELNEWS.COM, SELUMA - Bupati Seluma, Erwin Octavian meminta penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi bisa ditekan. Tujuannya untuk memperkecil kemungkinan menulari sapi lainnya.

"PMK ini masalah serius. Pemerintah daerah juga sudah meminta OPD terkait untuk melakukan pencegahan. Serta antisipasi, agar jumlah sapi yang terjangkit tidak bertambah. Sapi yang terjangkit bisa segera disembuhkan," tegas bupati.

Bupati mengatakan saat ini Pemkab Seluma juga sudah koordinasi dengan TNI dan Polri di Kabupaten Seluma. Untuk bisa bersama-sama melakukan antisipasi. Agar penularan PMK tidak melebar.

BACA JUGA:SPBU Diingatkan Tak Layani Truk Angkutan Mineral

Dengan melakukan pembatasan mobilisasi ternak dari daerah yang terjangkit PMK.

"Untuk dosis vaksin dan juga obat-obatan, dari laporan Dinas Pertanian, saat ini juga sudah ditambah. Sehingga bisa digunakan untuk menanggulangi penyebaran PMK. Serta penyembuhan ternak sapi yang sudah terjangkit PMK," tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan hingga kemarin jumlah ternak sapi yang sakit karena terjangkit PMK sebanyak 81 ekor. Kemudian sudah sembuh sebanyak 20 ekor serta sisanya masih dalam penanganan dari Dinas Pertanian.

"Tidak ada tambahan kasus. Untuk daerah di sekitar lokasi ternak sapi yang terjangkit sudah dilakukan divaksinasi. Kami siapkan 2.500 dosis vaksin," pungkas Arian. (rwf)

Sumber: bupati seluma