Gedung Dekranasda Terancam Tumbang

Gedung Dekranasda Terancam Tumbang

TERANCAM : Gedung Dekranasda Bengkulu Selatan terancam tumbang-Rezan Oktawesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkulu Selatan terancam tumbang. Kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Gedung yang berdiri di kawasan Objek Wisata Pantai Pasar Bawah ini tak diurus. Bagian belakang gedung  sudah ambruk karena keropos. Atap bangunan sudah banyak yang lepas.

Junaidi (45) salah seorang pedagang makanan di sekitar gedung Dekranasda BS mengaku  prihatin terhadap kerusakan bangunan tersebut. Ia menilai, kerusakan gedung Dekranasda BS adalah bentuk kegagalan pemerintah dalam menjaga aset daerah.

“Bangunan ini sudah seperti sarang hantu saja. Lihat, bagian belakang gedung sudah roboh, ditambah lagi tiang bangunan banyak yang retak. Kami yakin sekali, jika ada badai maka bangunan ini akan rusak total,” ujarnya kepada Rasel, kemarin (13/7).

BACA JUGA:Harga Sawit Rendah, Ini Solusi Dari Luhut

Dikatakan Junaidi, beberapa tahun sebelumnya bangunan tersebut sering dijadikan masyarakat sebagai pusat mengembangkan kerajinan daerah. Mulai dari pembuatan anyaman tikar, anyaman bambu hingga pembuatan karya seni lainnya. Namun, sejak kondisi bangunan kian rusak parah, warga menjadi khawatir dan takut menempati gedung tersebut.

“Kerusakan  gedung ini sudah sejak 3 tahun lalu. Semakin hari juga tidak ada perhatian dari pemerintah. Kalau memang tidak ingin difungsikan lagi, lebih baik bongkar saja biar diganti dengan bangunan yang lain,” bebernya.

Asliadi (38) pedagang lainnya juga menuturkan hal serupa. Ia menyebut gedung itu malah dijadikan tempat mabuk mabukan oleh sekelompok pemuda. Ini dibuktikan dengan banyaknya bekas botol minuman keras (miras) dan kemasan obat batuk yang tersebar di pinggir gedung.

“Apalagi  malam hari, disini suasananya gelap dan sepi. Sehingga pemuda sangat ramai nongkrong,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: