Bengkulu Selatan Kekurangan 300 Guru ASN

Bengkulu Selatan Kekurangan 300 Guru ASN

Ilustrasi guru honorer-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kabupaten Bengkulu Selatan kekurangan guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Tercatat saat ini, total kekurangan guru ASN mencapai 300 orang.

Jika jumlah itu dibagi rata dengan sekolah di Bengkulu Selatan, maka perhitungannya setiap sekolah kekurangan dua orang guru ASN.

“Total ada 119 SD, 30 SMP dan 23 TK. Kalau mau ditotal, per sekolahnya kurang sebanyak dua guru PNS. Makanya tak heran jika sekolah masih memanfaatkan tenaga guru bantu atau tenaga honorer,” ujar Kabid PTK Dinas Dikbud BS, Amir Syopian, M.Pd.

BACA JUGA:Bulan Depan Guru PPPK Gajian Perdana

Dijelaskannya, guru yang kurangpun bermacam-macam. Mulai dari guru kelas, guru mata pelajaran (mapel) PAI, guru penjasorkes, guru kesenian dan guru lainnya. Sementara untuk penambahan guru ASN melalui seleksi CPNS sudah tidak ada penerimaan.                                                           

“Untungnya tahun 2021 lalu ada seleksi guru PPPK, dan alhamdulillah Bengkulu Selatan mendapat tambahan 129 guru ASN. Namun jumlah ini masih kurang banyak,” kata Amir.

Yang jadi persoalan, rencana penghapusan tenaga honorer. Jika guru honorer ditiadakan sementara guru berstatus ASN kurang, maka harus ada solusi agar proses pendidikan tetap berlangsung normal. (rzn)

Sumber: dinas dikbud bengkulu selatan