Seleksi PPPK Tahap III Tetap Dilaksanakan?

Seleksi PPPK Tahap III Tetap Dilaksanakan?

ilustrasi pppk-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Belum terpenuhinya kuota guru ASN PPPK di sejumlah daerah, membuat Kemendikbudristek RI bakal melanjutkan proses rekrutmen PPPK Guru tahap III.

Hal itu juga untuk merealisasikan program pemerintah pusat dalam mengurangi tenaga honorer di daerah. Namun sayangnya, jadwal seleksi tahap III belum secara pasti ditetapkan.

Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si mengatakan seleksi tahap III PPPK guru atau seleksi akhir calon ASN PPPK itu tetap dilakukan berbasis online, sebagaimana seleksi tahap I dan II.

“Tengah persiapan pembukaan pendaftaran seleksi kompetensi PPPK guru tahap III. Meski agak lambat, seleksi ini tetap akan dilaksanakan. Makanya guru honorer harus bersabar dulu,” jelasnya.

BACA JUGA:SK PPPK Tahap Kedua Mulai Diproses

Jika mengacu PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah 2021, setidaknya ada empat kriteria khusus yang bakal ditetapkan. Di antaranya pelamar merupakan tenaga honorer kategori II atau THK-II yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II, guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I, dan II, guru swasta yang terdaftar di Dapodik, yang tidak lulus seleksi kompetensi II serta lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang tidak lulus seleksi kompetensi tahap II.  

BACA JUGA:Gaji PPPK Telan Dana Rp 5,7 Miliar

“Untuk bisa mendaftar dan memilih formasi dalam seleksi kompetensi tahap III PPPK Guru 2022 ini, peserta bisa kembali mendaftar formasi melalui sscasn.bkn.go.id,” jelasnya.

Diazdado menyebutkan peserta yang sebelumnya tidak lolos seleksi tahap I dan II dapat memperbarui pilihan formasi yang dilamar sesuai jabatan kosong. (rzn)

 

Sumber: kepala kantor cabdindik wilayah iii manna