Ada Operator Dinilai Tak Kuasai Komputer

Ada Operator Dinilai Tak Kuasai Komputer

ilustrasi operator -istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Seluruh operator sekolah (opsek) jenjang TK, SD dan SMP di BS diwajibkan menguasai IT (ilmu telekomunikasi) secara fasih. Hal itu untuk menunjang kinerja plus peningkatan layanan pendidikan secara prima. Jika operator sekolah tidak cakap, maka banyak halang dan rintangan proses pendidikan di kemudian hari.

“Operator itu harus aktif dan lincah. Pahami semua program aplikasi digital dan update informasi seputar pendidikan. Kalau disuruh upload data sekolah, harus gesit dan teliti. Jika tidak mampu gesit, mendingan minggir jadi operator,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Disdikbud BS, Onawan Afriyadi, SE. 

Dari pengamatan di lapangan, Onawan menilai masih banyak sekali operator sekolah yang kurang cakap mengoperasikan komputer. Bahkan untuk melengkapi berkas data pokok pendidikan (dapodik) masih ada operator yang bingung.

Hasilnya, kelengkapan data tidak 100 persen dan sekolah tidak mendapatkan bantuan dari Kemendikbudristek RI. “Operator itu jantung sekolah, kalau operatornya baik maka seluruh rangkaian pendidikan di sekolah akan baik. Contoh kecil, pembaruan data sekolah adalah tugas operator. Begitupun penyampaian usulan dan lainnya,” ungkapnya.

Maka dari itu, para operator harus selalu gesit dan siap mengikuti berbagai pembinaan kapasitas. Jangan sampai, kedepan layanan pendidikan justru bobrok lantaran operator yang kurang memahami tupoksi. “Kalau ada kegiatan sosialisasi dan pembinaan, operator wajib ikut andil. Serap ilmu dan informasi yang diberikan narasumber,” pungkas Onawan. (rzn)

Sumber: kasi kurikulum bidang dikdas disdikbud bs