Prioritaskan Program Konektivitas di Bengkulu

Prioritaskan Program Konektivitas di Bengkulu

TINJAU: Gubernur saat meninjau program Karya Bakti TNI di Seluma-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengklaim pemerintah terus berupaya membuka jalur konektivitas di Provinsi Bengkulu. Ia meninali terbukanya konektivitas menjadi kebutuhan utama bagi Provinsi Bengkulu.

Salah satunya adalah jalur Desa Padang Capo Kecamatan Lubuk Sandi Seluma sepanjang 15 kilometer yang terangkum dalam program peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan eksisting Sukaraja-Padang Capo melintasi Taman Buru Semidang Bukit Kabu dan Hutan Lindung Bukit Sanggul hingga Kecamatan Air Kelinsar Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

"Dengan terbukanya jalur konektivitas ini, maka nilai ekonomi produk dari masing-masing provinsi dinilai akan semakin meningkat," ujar Rohidin, Minggu (31/7). Terhubungnya Lubuk Sandi-Empat Lawang membuat jarak tempuh mobilitas ekonomi ke Bengkulu hanya satu jam saja.

BACA JUGA:Bisnis Pil Samcodin, Dua IRT di Kaur Dibekuk

Bentuk konektivitas seperti ini pada tahap awal membutuhkan dukungan dari TNI-Polri dan jajaran Unsur Forkopimda yang lain. Sebelumnya jalur Desa Padang Capo Kecamatan Lubuk Sandi Seluma sudah dibuka melalui program karya bakti TNI Korem 041/Gamas tahun 2022.

"Secara prinsip, targetnya jalan ini terhubung hingga perbatasan Empat Lawang Sumatera Selatan. Tahap ini masih ada lanjutan, semoga akhir tahun ini atau setelah proses pinjam pakai kawasan tuntas dapat segera dikerjakan hingga perbatasan," kata Gubernur.

Seperti diketahui, peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan Sukaraja-Padang Capo yang melintasi Taman Buru Semidang Bukit Kabu sepanjang 3,05 KM dan hutan lindung Bukit Sanggul sepanjang 12,2 Kilometer hingga terhubung ke Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu