Blank Spot, Boleh Gelar ANBK di Sekolah Lain

Blank Spot, Boleh Gelar ANBK di Sekolah Lain

SIMULASI : Siswa mengikuti simulasi pra ANBK secara daring.-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sekolah yang berada di wilayah blank spot atau susah sinyal internet, boleh  menggelar kegiatan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di sekolah lain.

Terpenting jarak sekolah yang dituju tidak terlalu jauh dari sekolah asal, supaya para siswa tidak kesulitan menjangkau lokasi tersebut.

“Ada beberapa sekolah yang masih blank spot sinyal internet. Untuk itu, kami sarankan agar pelaksanaan ANBKnya bergabung dengan sekolah lain. Sebab, pelaksanaan ANBK metodenya full daring atau online,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Dinas Dikbud BS, Onawan Afriadi.

Beberapa sekolah yang masih blank spot jaringan internet diantaranya berada di wilayah Kecamatan Ulu Manna dan sekolah di Kecamatan Pino Raya. Kejadian susah jaringan internet itu dikarenakan minimnya jangkauan tower BTS (Base Transceiver Station).

“Wilayah blank spot itu diantaranya sudah kami usulkan untuk penguatan jaringan. Namun, realisasinya masih menunggu dari pihak provider jaringan internet,” kata Onawan.

Untuk pelaksanaan ANBK di lapangan, dia mengaku akan dimulai pada tanggal 4 Oktober mendatang. Pelaksanaan ANBK di beberapa sekolah juga menerapkan sistem shift atau sesi. Sehingga tidak ada bentrok jadwal antar peserta. “Pembagian jadwalnya akan kami sebarkan ke sekolah masing-masing,” papar Onawan.

Di sisi lain, pihanya juga telah memerintahkan masing-masing Kepala Sekolah untuk menambah daya listrik cadangan untuk mengantisipasi mati lampu. Hal ini agar tidak ada gangguan pada server dan link ANBK. “Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar, dan tetap akan kami pantau hingga ANBK selesai,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: dinas pendisikan bengkulu selatan