Anggota DPRD Seluma Minta Telusuri Penyebap Banyak Ikan Mati

Anggota DPRD Seluma Minta Telusuri Penyebap Banyak Ikan Mati

IKAN MATI : Anggota DPRD Seluma, Ulil Umidi Kabupaten Seluma minta pemerintah menindaklanjuti peristiwa banyak ikan mati di sungai wilayah desa mereka-Ahmad Fauzan-raselnews.com

RASELNEWS.COM, SELUMA - Anggota DPRD Seluma, Ulil Umidi meminta Pemkab Seluma segera menelusuri penyebab banyaknya ikan mati di Sungai Desa Penago Baru belum lama ini. 

Jika banyak ikan mati di sungai itu lantaran adanya kadar racun di dalam air, harus dilakukan penelusuran lebih lanjut. Apakah racun itu akibat pencemaran limbah atau karena ada masyarakat yang sengaja mencari ikan dengan cara yang salah menggunakan racun.

“Kami juga mendapatkan laporan ikan mati dari beberapa desa lainnya di Kecamatan Ilir Talo. Bahkan dari laporan yang kami terima, ikan di Sungai Desa Penago Baru mati sejak Jumat (29/8) hingga hari ini. Jadi harus cepat dan segera ditindaklanjuti," tegas Ulil.

BACA JUGA:Vaksin Booster di Bengkulu Sasar 15 Ribu Tenaga Kesehatan

Masyarakat menduga ribuan ikan tersebut mati karena tercemar limbah pabrik PT. BSL di Desa Air Teras Kecamatan Talo. Namun hal itu jelas butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan.

"Jika memang benar disebabkan karena limbah, (PT. BSL) harus diberikan sanksi tegas. Karena sudah membuang limbah tanpa dilakukan pembersihan atau strerilisasi dari zat beracun," tegas Ulil lagi.

Sungai kecil yang ada di Desa Air Teras memang bermuara ke sungai yang alirannya melewati Desa Tanah Abang sampai Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo. "Kami minta Pemkab Seluma segera memanggil manajemen PT. BSL untuk memberikan penjelasan mengenai hal ini," ujarnya.

Sebelumnya, Kades Penago Baru Salikin mengaku warganya menemukan banyak ikan yang mati di aliran sungai yang melintasi desa mereka. Masyarakat menduga ikan yang mati akibat limbah pabrik pengolahan CPO. (rwf)

Sumber: anggota dprd seluma ulil umidi