Bersiap Pak Kades! Tim Ipda Turun

Bersiap Pak Kades!  Tim Ipda Turun

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Informasi untuk seluruh kepala desa (kades) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), dalam waktu dekat tim auditor Inspektorat Daerah (Ipda) BS akan turun ke desa untuk mengaudit realisasi dana desa (DD) semester pertama 2022. Kades diimbau menyiapkan dokumen dan berkas penggunaan DD yang sudah direalisasikan.

“Sekitar tanggal 10 (Agustus) ini tim akan turun ke desa untuk melakukan audit penggunaan dana desa semester pertama tahun anggaran 2022,” kata Inspektur Inspektorat Daerah BS, Hamdan Syarbaini, S.Sos. Dalam proses audit, Ipda akan melihat semua berkas realisasi DD.

Khususnya anggaran yang dibagi untuk kegiatan wajib. Antaranya penanganan covid-19, ketahanan pangan dan juga bantuan langsung tunai (BLT).

“Dalam proses audit nanti, kami akan lihat semua berkas realisasi dana desa di setiap desa. Kami ingin pastikan apakah realisasi anggaran sudah sesuai dengan juklak dan juknis atau belum. Karena ada beberapa item yang wajib, diantaranya untuk ketahanan pangan, penanganan Covid-19 dan BLT,” ujar Hamdan.

Disampaikan Hamdan, tujuan pihaknya melakukan audit DD semester pertama ini adalah untuk memantau realisas DD. Jika ada Pemdes yang menemui kendala dalam merealisasikan dana desa, pihaknya siap memberi bimbingan dan arahan.

“Pemerintah desa tidak perlu cemas dan takut menghadapi proses audit. Siapkan saja berkas dan dokumen realisasi anggaran. Karena dalam proses audit nanti, tim akan memeriksa hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan dana desa saja. Kalau ada kendala dalam merealisasikan dana desa, bisa dikonsultasikan dengan tim, kami siap memberi bimbingan,” tukas Hamdan. (yoh)

 

Sumber: