Keunikan Si Kepal Bercabang; Obat "Nyemughu" dan Suka Kawin

Keunikan Si Kepal Bercabang; Obat

Rahmadan menunjukkan keunikan si "Niugh Kepal" yang bercabang dua-Suswadi AK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  - Kelapa merupakan tanaman dengan akar tunggal, berpokok tunggal. Namun tidak bagi kelapa satu ini yang bercabang dua. Kelapa yang disebut dalam bahasa lokal Suku Serawai Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai "Niugh Kepal" langka ini, juga memiliki khasiat sebagai obat.

Dalam biologi, tumbuhan ini adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong ke dalam kerajaan Plantae. Di dalamnya terdiri atas beberapa klad yakni, tanaman berbunga, Gymnospermae atau Tumbuhan berbiji terbuka, Lycopodiopsida, paku-pakuan, lumut, serta sejumlah alga hijau.

Lalu seperti apa khasiat si "Niugh Kepal" ini.

Rahmadan (56), si pemilik kelapa bercabang di RT 01 Kelurahan Masat Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan, mengisahkan jika kelapa yang ditanamnya sejak 6 tahun lalu ini, memang memiliki keunikan tersendiri.

"Banyak yang percaya jika kelapa ini obat mujarab bagi 'penyemughu' (orang yang cemburu berlebihan)," ungkap Rahmadan.

Bukan hanya itu, si Niugh Kepal ini juga menjadi obat bagi orang yang suka selingkuh. Rahmadan menyebut tidak sedikit orang yang meminta kelapa tersebut sebagai syarat pengobatan yang sedang dilakukan.

"Kalau ada anak yang mengalami sakit perut berlebihan, kelapa ini juga sering diminta tuk dijadikan obat," sambung Rahmadan.

Caranya, satu buah kelapa diambil tuk dimasak menjadi minyak. " Tapi yang bagian atasnya saja. Itu yang mujarab dijadikan obat," demikian Rahmadan. (sak)

Sumber: