Tahun Depan, 15 Desa Gelar Pilkades

Tahun Depan, 15 Desa Gelar Pilkades

Ilustrasi pelaksanaan pilkades-dok-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  – Jika tidak ada kendala, direncanakan tahun depan 15 desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akan menggelar Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. 

Pilkades digelar lantaran masa jabatan 15 Kades tersebut akan berakhir pada tahun 2023. Untuk itu, Dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) BS segera mempersiapkan Pilkades tersebut terutama mengenai usulan anggaran pelaksanaan kegiatan. 

“Sebelum pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang, Pilkades harus sudah dilaksanakan. Untuk rancangan awalnya Pilkades serentak bulan Juni tahun depan,” kata Kepala DPMD BS, Herman Sunarya SH.

Dikatakan Herman, tahun 2021, Pemkab BS juga telah menggelar Pilkades serentak di 127 desa. Sehingga masih tersisa 15 desa dari 142 desa yang ada di BS masih dijabat Kades lama lantaran masa jabatannya baru akan berakhir tahun 2023. 

Berkat suksesnya pelaksanaan Pilkades tahun lalu, DPMD BS kini segera merancang persiapan untuk Pilkades 15 desa dengan harapan tidak ada potensi polemik pasca Pilkades nanti. Berkaca dengan Pilkades 2021, masih ada masyarakat yang tidak menerima kekalahan calonnya. 

Maka dari itu sebelum Pilkades nanti, pihak DPMD BS akan meminta kometmen masyarakat desa agar sama-sama mensukseskan Pilkades. “Masih ada waktu satu tahun lagi untuk persiapan. Kita berharap jadikan Pilkades ajang demokrasi yang postif dan tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat,” harap Herman.(one)

 

Sumber: