Sekda: Peran Semua Pihak Sangat Penting Dalam Penanganan Stunting

Sekda: Peran Semua Pihak Sangat Penting Dalam Penanganan Stunting

Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni-DOK-andri irawan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Peran serta semua pihak menjadi penting untuk bermitra dalam mengentaskan stunting. Stunting atau masalah gizi buruk kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Diperlukan penanganan serius untuk mencegah dan menurunkan statistik stunting di Indonesia.

Kampanye Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja Komisi lX DPR RI Hj. Elva Hartati Murman, S.IP, MM di Provinsi Bengkulu, dilaksanakan di Kampung KB Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya. Kampanye juga diikuti Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Effendi, MM, Sekcam Pino Raya, Kades Pasar Pino serta beberapa undangan lainnya.

Sekda BS Sukarni M.Si mewakili Pemkab BS yang hadir dalam kegiatan kampanye stunting, menyebut banyak faktor yang menyebabkan kondisi stunting. Di antaranya pernikahan dini dan kondisi gizi serta penanganan yang buruk terhadap anak pasca lahir, terutama periode 1.000 hari kehidupan.

BACA JUGA:Mendung Udan

Sekda menekankan peran pemerintah dan masyarakat menjadi sangat penting dalam menyosialisasikan upaya pencegahan stunting.

"Saat ini Pemkab Bengkulu Selatan melalui dinas terkait sudah mengeluarkan regulasi yang berkaitan dengan hal-hal berkenaan penangangan stunting dan program keluarga berencana. Mudah-mudahan stunting di BS mengalami penurunan," kata Sekda.

Sekda mengapresiasi kontribusi Anggota Komisi lX DPR RI Hj. Elva Hartati Murman ke BS, bersama mitra kerja dalam mengampenyekan program pencegahan stunting. Ia berharap komunikasi semua stakeholder yang menangani permasalahan stunting tetap terjaga dengan baik.

"Kalau bisa, program nasional ini ada media komunikasi melalui WhatsApp (WA) stunting. Jadi semua orang yang berkepentingan dalam itu, bisa komunikasi," ujar Sekda.

Terpisah, Anggota Komisi lX DPR RI Hj. Elva Hartati Murman mengaku Komisi IX memiliki  lingkup tugas yang menangani bidang kesehatan dan ketenagakerjaan.

"Penanganan stunting ini juga tugas kami Komisi IX. Bapak-Ibu, Pemda, Camat, Kades serta OPD terkait juga mempunyai tugas dalam hal percepatan penanganan stunting. Jadi ini adalah tugas kita bersama," pungkas Elva. (one)

Sumber: sekda bengkulu selatan