Pekerja Migran Asal Seluma Tertipu; Dijanjikan Tenaga Adminitrasi Ternyata ART

Pekerja Migran Asal Seluma Tertipu; Dijanjikan Tenaga Adminitrasi Ternyata ART

ilustrasi pekerja imigran indonesia-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, SELUMA - Nasib sial yang dialami oleh Sinta Lestari (26) warga Kabupaten Seluma yang merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi. Di mana, yang bersangkutan ditipu oleh perusahaan penyalur tenaga kerja.

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, Sinta dijanjikan bekerja sebagai administrasi salah satu perusahaan. Namun ternyata Sinta dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga (ART).

Sekretaris Dinas Nakertrans Seluma, Tusmi Hirawani mengatakan, Dinas Nakertrans Seluma menerima informasi dari Badan Perlindungan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Palembang.

BACA JUGA:Cegah Pekerja Migran Ilegal, Gelar Sosialisasi PMI-NP

Bahwa salah seorang pekerja asal Kabupaten Seluma minta dideportasi setelah menghubungi KBRI di Arab Saudi. Permintaan itu lantaran yang bersangkutan tidak bersedia diperkerjakan sebagai ART di Arab Saudi.

"Jadi kami mendapatkan komunikasi dari BP3MI Palembang. Bahwa salah seorang PMI asal Seluma meminta untuk dikembalikan. Karena saat sampai di Arab Saudi ternyata dipekerjakan sebagai ART. Bukan sebagai administrasi di perusahaan swasta seperti yang dijanjikan oleh perusahaan penyalur," tegas Tusmi. 

BACA JUGA:Mau Ngecor Masjid, Pekerja Terjatuh

Yang bersangkutan tamatan S1 Akuntansi dari Universitas Lampung. Karena minta dipulangkan, saat ini yang bersangkutan sudah proses dalam pemulangan ke Seluma. Sedangkan untuk perusahaan penyalur, Dinas Nakertrans Seluma belum memperoleh informasi lebih lanjut.

Tusmi mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Seluma yang ingin bekerja di luar negeri untuk lebih teliti dengan memperhatikan perusahaan penyalur tenaga kerja serta memastikan dimana tempat akan dipekerjakan. Sehingga PMI asal tidak dikecewakan. (rwf)

Sumber: